Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
  • Phone Number (Wajib menuliskan No.Hp/ Whatsapp pada kolom "Comments to Editor" sebelum mengakhiri submission)

Author Guidelines

  1. KETENTUAN UMUM
  • Artikel yang diterima yaitu artikel yang belum dipublikasikan atau sedang proses publikasi pada jurnal lain.
  • Artikel merupakan hasil penelitian yang mempunyai relevansi dengan bidang kesehatan khususnya Administrasi Rumah Sakit
  • Hasil cek plagiasi menggunakan iThenticate tidak lebih dari 25% .
  1. SISTEMATIKA PENULISAN
  • Jumlah kalimat berkisar 7.500-10.000 kata, setara dengan 12-15 halaman A4. Halaman tersebut sudah termasuk kepustakaan, catatan-catatan dan tabel. Setiap artikel akan diuji plagiarism.
  • Kutipan menggunakan metode American Psychological Association(APA). Artikel diketik dengan format Microsoft Office Word, dengan menggunakan font Arial 11pt, spasi tunggal, dengan ukuran kerta A4. Format kertas 3-2,5-2,5-2,5 (kiri-atas-bawah-kanan). Artikel ditulis rata kanan kiri. 
  • Susunan artikel terdiri dari :
    1. Judul : terdiri dari 12 kata.
    2. Nama Penulis : Nama lengkap tanpa gelar, nama institusi (Prodi, Fakultas, Universitas, Asal Kota, dan Asal Negara) dan alamat email.
    3. Abstrak ditulis dalam satu paragraf berjumlah 150-200 kata . Wajib ditulis dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Abstrak berisi IMRAD (Introduction, Method, Result, and Discuss) dan bukan ringkasan dari beberapa paragraph. Abstrak tidak mengandung referensi, angka, singkatan, akronim, atau pengukuran.
    4. Kata kunci terdiri dari maksimal 5 kata, berisi konsep penting variabel penelitian
    5. Pendahuluan berisi latar belakang penelitian yaitu pemaparan masalah penelitian, urgensi dan tinjauan pustaka serta rencana pemecahan masalah. Uraian diakhiri dengan perumusan masalah atau tujuan penelitian. .
    6. Metode penelitian menjelaskan desain penelitian, subjek penelitian, instrument, lokasi dan waktu pelaksanaan penelitian, teknik pengumpulan data dan teknik analisis data.
    7. Hasil memaparkan luaran penelitian. Dipaparkan menggunakan tabel, gambar, dan bagan harus diberi nomor urut dan judul.
    8. Pembahasan disusun sesuai dengan urutan tujuan penelitian yang telah dijelaskan diawal. Pembahasan berisi implikasi, merujukan pada penelitian yang relevan dan argumentasi logis yang mengaitkan hasil dengan teori, serta penegasan dalam menjawab rumusan masalah serta tujuan penelitian.
    9. Kesimpulan : Berisi ringkasan yang singkat, padat dan jelas dari substansi hasil penelitian dan menambahkan saran atau rekomendasi. Kesimpulan bukan meringkas dan mengulang temuan.
    10. Daftar Pustaka minimal 10 dan ditulis menggunakan model American Psychological Association Menggunakan Reference Manager (end note, mendeley, zetero dan sejenisnya) untuk memudahkan dalam editing dan review.