Bermain Kartu Flash Dan Kemampuan Kognitif Anak Usia 4-6 Tahun Di Wilayah Manukan Loka Tandes Surabaya
Abstract
Kemampuan kognitif pada anak usia 4-6 tahun masih pada tahap optimalisasi remembering/mengingat, namun masih banyak diketemukan kemampuan tersebut belum berkembang baik. Potensi anak Usia 4-6 tahun masih dalam masa golden age, yang sesuai untuk memaksimalkan stimulasi salah satunya adalah kemampuan kognitif melalui berbagai macam media, antara lain kartu flash. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan bermain kartu flash dengan kemampuan kognitif anak 4-6 tahun di wilayah Manukan Loka Tandes Surabaya. Desain penelitian korelasional pendekatan cross sectional dengan teknik sampling simple random sampling. Subyek penelitian menggunakan anak usia 4-6 tahun sebesar 32 responden. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar kuisiner, menilai bermain kartu flash dan kemampuan kognitif. Analisis data menggunakan SPSS 2018 dengan uji spearman rank. Hasil analisis mengungkapkan terdapat hubungan yang bermakna antara bermain kartu flash dengan kemampuan kognitif pada anak usia 4-6 tahun di wilayah Manukan Loka Tandes Surabaya( p= 0,000 (α=0,05) dan r = 1,000). Kemampuan kognitif anak baik berbanding lurus dengan bermain kartu flash yang baik pula. Rekomendasi flashcard masih relevan untuk stimulasi kemampuan mengingat anak, namun masih diperlukan peran ibu atau pendamping dalam saat anak belajar menggunakan kartu flash.
Keywords