Penerapan Sistem Komunikasi Rujukan PSC 119 – Satria Oleh Fasilitas Pelayanan Kesehatan Di Kabupaten Banyumas
Abstract
Sistem Komunikasi Rujukan Public Safety Center 119 SATRIA adalah sistem komunikasi rujukan darurat ibu, bayi baru lahir dan gawatdarurat lainnya di Kabupaten Banyumas dan telah digunakan di semua fasilitas layanan kesehatan di Kabupaten Banyumas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui masalah yang terjadi dalam pelaksanaannya yang dilakukan oleh Fasilitas Layanan Kesehatan di Kabupaten Banyumas. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode wawancara mendalam dengan 6 responden dari 5 instansi dan didapatkan 4 tema yang dibahas, yaitu Easy of Use, Koneksi Internet, Sumber Daya Manusia, dan Solusi serta Antisipasi. Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus deskriptif yaitu penerapan aplikasi sistem rujukan PSC 119 SATRIA oleh Fasilitas Layanan Kesehatan di Kabupaten Banyumas. Hasil dari 4 tema dalam diskusi yang dilakukan kepada 5 responden menyatakan bahwa tidak ada masalah dalam 3 tema, kecuali Koneksi Internet. Kecepatan koneksi internet dalam proses rujukan melalui sistem aplikasi rujukan online sangat berpengaruh pada kecepatan waktu respon rujukan. Dengan kata lain, itu juga mempengaruhi perkembangan kesehatan pasien, mengurangi angka kematian karena rujukan yang terlambat. Masalah yang terjadi di masing-masing instansi tempat informan bekerja adalah karena koneksi internet yang lambat sehingga proses komunikasi rujukan dari referensi ke penerima terhambat.
Kata kunci: Rujukan, Sistem Rujukan, Waktu Respons
Keywords