Research


HUBUNGAN STIMULASI PERKEMBANGAN DENGAN KOGNITIF ANAK USIA 2-3 TAHUN DI RT 04 DAN RT 08 RW 02 KELURAHAN KUPANG KRAJAN KECAMATAN SAWAHAN KOTA SURABAYA

By NABILA NURMALINA RAMADHANI | NIM: 1812010 | Karya Tulis Ilmiah | D-III Keperawatan 2021

Stimulasi perkembangan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan kognitif anak. Anak yang mendapatkan stimulasi terarah dan berkualitas akan memiliki perkembangan yang baik dan tepat waktu. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis adanya hubungan stimulasi perkembangan dengan kognitif anak usia 2-3 tahun di RT 04 dan RT 08 RW 02 Kelurahan Kupang Krajan Kota Surabaya. Desain penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Teknik sampling menggunakan total sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah anak usia 2-3 tahun yaitu 30 responden dengan sampel 30 responden. Pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner dan lembar observasi. Dilakukan uji statistik menggunakan SPSS uji Chi Square menunjukkan bahwa p=0,04 (α=0,05) dimana hipotesis diterima artinya terdapat hubungan antara stimulasi perkembangan dengan kognitif pada anak usia 2-3 tahun di RT 04 dan RT 08 RW 02 Kelurahan Kupang Krajan Kota Surabaya. Hal ini dikarenakan stimulasi perkembangan merupakan salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi perkembangan kognitif anak. Simulasi perkembangan dipengaruhi beberapa faktor seperti pengetahuan orang tua, pendidikan orang tua, pengalaman orang tua. Disarankan untuk mempertahankan pemantauan pertumbuhan dan perkembangan anak melalui posyandu balita disekitar wilayah tempat tinggal. Disarankan untuk rutin memberikan stimulasi yang baik dan terarah pada anak. Kata kunci : Stimulasi Perkembangan, Perkembangan Kognitif, Anak
(Pastikan anda terhubung dengan jaringan lokal kampus untuk menampilkan full text)


VIEW FULL TEXT

© 2019 All rights reserved ICT Department STIKes Adi Husada | Template by Colorlib