Research


HUBUNGAN PELAYANAN POSYANDU BALITA DENGAN KEPUASAN ORANGTUA DI RW 04 KECAMATAN KAMAL KABUPATEN BANGKALAN, MADURA

By YOHANA CHYNTIA ANGELINA SETIADI | NIM: 1812015 | Karya Tulis Ilmiah | D-III Keperawatan 2021

Saat ini di Indonesia, khususnya Jawa Timur sedang berada dalam masa pandemi Covid-19 sehingga menyebabkan beberapa perubahan yang terjadi pada setiap sistem di pekerjaan. Begitupun pelaksanaan pelayanan di posyandu masih mengalami kendala, diantaranya pelayanan imunisasi vitamin A pada anak dilakukan terakhir pada bulan Februari, penutupan Posyandu dari bulan Februari hingga bulan Juli karena adanya pandemi Covid-19. Adanya perubahan jadwal dan juga pembatalan pemeriksaan pada balita yang seharusnya dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk Menganalisis Hubungan Pelayanan Posyandu Balita dengan Kepuasan Orangtua di RW 04 Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan-Madura. Desain penelitian yang digunakan rancangan penelitian korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 30, sampel yang diambil 30 dengan menggunakan teknik simple random sampling. Hasil tabulasi silang menunjukan bahwa mayoritas pada tabulasi silang (cross tabulasi) didapatkan responden pelayanannya yaitu “baik” dengan kepuasan orangtua “baik” sebanyak 28 responden (93,3%). Hasil uji spearman rank diperoleh nilai ρ = 0,010 <α (0,05), dimana H1 diterima yang artinya terdapat hubungan yang signifikan antara pelayanan posyandu balita dengan kepuasan orangtua, Pelayanan Posyandu yang baik akan meningkatkan rasa kepuasan dari orangtua balita begitupun sebaliknya. Kata Kunci: Pelayanan Posyandu, Kepuasan Orangtua, Posyandu Balita
(Pastikan anda terhubung dengan jaringan lokal kampus untuk menampilkan full text)


VIEW FULL TEXT

© 2019 All rights reserved ICT Department STIKes Adi Husada | Template by Colorlib