Research


HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN ADVERSITY QUOTIENT SELAMA PEMBELAJARAN DARING PADA MAHASISWA STIKES ADI HUSADA SURABAYA

By PUPUT AYU OKTAVIANA | NIM: 1811012 | Karya Tulis Ilmiah | D-III Keperawatan 2021

Dukungan keluarga merupakan hal yang terpenting untuk mahasiswa, terutama disaat pembelajaran daring di era pandemi covid-19 seperti sekarang. Terkadang mahasiswa merasakan tidak semangat dan selalu putus asa dalam menyelesaikan tugas perkuliahan daring. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan adversity quotient pada mahasiswa STIKes Adi Husada selama pembelajaran daring. Desain penelitian menggunakan korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian. Mahasiswa STIKes Adi Husada berjumlah 129 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dan di dapat besar sampel yang digunakan berjumlah 100 orang. Hasil penelitian menunjukkan dukungan keluarga tinggi sebesar 62 Responden (62%) dan adversity quotient sebesar 54 mahasiswa (54%). Hasil uji statistik didapatkan nilai p = 0,000 dan nilai r = 0,394 yang menunjukkan terdapat hubungan yang cukup antara dukungan keluarga dengan adversity quotient, bila dukungan keluarga baik maka adversity quotient tinggi. Diharapkan keluarga dapat memberikan dukungan yang baik kepada mahasiswa, dikarenakan adanya dukungan keluarga yang baik dapat meningkatkan adversity quotient mahasiswa selama pembelajaran daring dan mahasiswa tidak mudah putus asa selama pembelajaran daring. Kata kunci : dukungan keluarga, adversity quotient, pembelajaran daring
(Pastikan anda terhubung dengan jaringan lokal kampus untuk menampilkan full text)


VIEW FULL TEXT

© 2019 All rights reserved ICT Department STIKes Adi Husada | Template by Colorlib