MENGENAL PENTINGNYA CAIRAN DALAM TUBUH

Dewi Andriani, S.Kep.Ns.,M.Kes.

Air atau cairan merupakan komponen utama dalam tubuh manusia, karena merupakan unsur terbanyak dalam tubuh, yang berperan penting bagi kesehatan. Jumlah air dalam tubuh manusia berbeda-beda. Pada tubuh bayi terdapat air sebanyak 80%, orang dewasa sebanyak 70%, dan lanjut usia sebanyak 50%.

Air tersebar di seluruh tubuh manusia yaitu :

  1. Paru-paru (90%)
  2. Darah (82%)
  3. Kulit (80%)
  4. Otot (75%)
  5. Otak (70%)
  6. Tulang (22%)

Air berfungsi menjaga kesehatan tubuh. Jika kebutuhan cairan terganggu atau kurang, kesehatanpun bermasalah. Air dalam tubuh sangat besar manfaatnya, sehingga tidak satupun fungsi tubuh dapat bekerja tanpa air. Air yang kita minum akan diserap oleh usus dan diedarkan ke seluruh tubuh dalam bentuk cairan seperti darah dan komponennya. Ginjal  bertugas menyaring partikel buruk dan akan membantu untuk mengeluarkannya, melalui buang air kecil.

Konsumsi cairan idealnya sekitar 2,5 liter per hari. Kebutuhan ini  disesuaikan dengan aktivitas, usia, cuaca, dan kondisi kesehatan. Kekurangan cairan disebabkan oleh beberapa hal, yaitu kehilangan cairan abnormal melalui kulit, penurunan asupan cairan, dan perdarahan.

Peran air dalam tubuh antara lain sebagai :
1. Pembentuk Sel dan Cairan Tubuh
Air berperan penting dalam pembentukan berbagai cairan tubuh, seperti darah, cairan lambung, hormon, enzim dan sebagainya. Selain itu air juga terdapat dalam otot dan berguna menjaga tonus otot sehingga otot mampu berkontraksi.

2. Zat Pelarut
Pada proses pencernaan makanan air berperan melarutkan zat-zat gizi dan karena air merupakan zat anorganik sehingga tidak dicerna. Air dengan cepat melewati usus halus dan sebagian besar diserap kemudian turut berfungsi sebagai salah satu komponen mukus agar sisa zat makanan dapat keluar sebagai feses.

3. Sarana Pengeluaran Zat Sisa
Air merupakan sarana untuk mengeluarkan sisa metabolisme yang tidak diperlukan tubuh  melalui pembuangan saluran kemih, saluran cerna, saluran nafas, dan kulit.

4. Zat Pelindung /Bantalan
Pada beberapa jaringan tubuh terdapat cairan yang melapisi yang berfungsi melindungi organ di dalamnya (otak, mata, medula spinalis, dan kantong amniom dalam rahim).

5. Pengatur Suhu
Air menghasilkan panas, menyerap dan menghantarkan panas ke seluruh tubuh sehingga dapat menjaga suhu tubuh tetap stabil.

6. Sarana TransportasiAir merupakan sarana transportasi yang efektif. Pada sistem pernapasan, air membantu transportasi oksgien ke seluruh tubuh. Struktur air (H2O) terdiri atas dua atom hidrogen dan satu atom oksigen sehingga mudah bergerak dari satu kompartemen sel ke komparatemen sel lainnya, dari satu sistem tubuh ke sistem lainnya. 

Dipublikasikan : 2020-06-04 12:25:27

TIPS MENGATASI GASTROESOPHAGEAL REFLUX DISEASE (GERD)

Writer : Chindy Maria Orizani, S.Kep.Ns.,M.Kep.
Published : 2020-06-24 21:31:07

Read »

PENTINGKAH TIDUR PADA MANUSIA ???

Writer : Rukmini, S.Kep.Ns.,M.Pd.,M.Kes.
Published : 2020-06-16 08:30:59

Read »

TIPS MENGATASI KECANDUAN GAWAI (GADGET ADDICTION)

Writer : Chindy Maria Orizani, S.Kep.Ns.,M.Kep.
Published : 2020-06-12 07:07:19

Read »

MENGENAL PENTINGNYA CAIRAN DALAM TUBUH

Writer : Dewi Andriani, S.Kep.Ns.,M.Kes.
Published : 2020-06-04 12:25:27

Read »


Next » Last

RS Adi Husada Undaan Wetan

Sebagai tempat praktik klinik mendukung mahasiswa STIKes Adi Husada dalam mengembangkan ilmu keperawatan menjadikan seorang perawat profesional dan mampu bersaing, Rumah Sakit Adi Husada Undaan Wetan melakukan seleksi penerimaan tenaga kesehatan perawat untuk lulusan STIKes Adi Husada.

RS Adi Husada Kapasari

Berlokasi dekat bersebelahan dengan Kampus STIKes Adi Husada memberikan kemudahan mahasiswa dalam bertugas saat praktik klinik dan proses seleksi penerimaan tenaga kesehatan perawat juga mengutamakan lulusan STIKes Adi Husada.

Adi Husada Cancer Center

Berlokasi di RS Adi Husada Undaan Wetan sebagai pusat kanker terpadu pertama di Surabaya, yang dilengkapi dengan layanan radioterapi, kemoterapi, dan pembedahan. Memberikan penanganan kanker yang berkualitas dan dokter spesialis professional.