TIPS TETAP LANGSING MESKIPUN #stayathome

Chindy Maria Orizani, S.Kep.Ns.,M.Kep.

Batasi asupan gula dan karbohidrat

Untuk mempertahankan atau mengurangi berat badan kunci terpenting adalah membatasi asupan gula dan karbohidrat sederhana, misalnya minum es segar di siang hari yang panas atau mengkonsumsi cemilan yang tinggi karbohidrat misalnya mie instan plus nasi (Luger et al., 2017). Untuk menghindari kenaikan berat badan yang signifikan ganti minuman segar dengan air madu plus lemon atau jeruk nipis. Untuk memuaskan keinginan nyemil mie instan, tetap gunakan bumbu mie namun ganti mie dengan sawi atau wortel atau sayur lainnya. Gantikan asupan karbohidrat sederhana dengan karbohidrat komplek seperti mengganti nasi putih ke nasi merah. Keuntungan lain saat membatasi gula dan karbohidrat dapat menurunkan level insulin di darah sehingga bisa mencegah intoleransi insulin dan beresiko penyakit diabetes melitus.

Tingkatkan asupan protein

Protein sangat dibutuhkan oleh tubuh dan perannya sangat penting untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Mengkonsumsi protein yang cukup juga dapat menambah dan mempertahakan rasa kenyang (Veldhorst et al., 2009). Protein bisa bersumber dari hewani maupun nabati. Misalnya untuk hewani yaitu dada ayam, telur, daging sapi rendah lemak. Untuk sumber protein nabati berupa tempe, tahu, jamur, dll.
Tingkatkan asupan serat

Asupan serat sangat penting bagi untuk menjaga pencernaan. Sumber serat adalah sayuran, buah dan biji-bijian. Namun pilihlah sayuran dan buah yang rendah karbohidrat dan gula untuk menurunkan berat badan. Jika kita kurang mengkonsumsi serat maka usus kita akan cenderung kotor oleh lemak jahat yang menempel. Fungsi serat tak larut air seperti brokoli, bayam, kacang-kacangan bertugas untuk membersihkan perut dan bisa mempertahankan rasa kenyang. Idealnya asupan sayuran bagi yang ingin menurunkan berat badan 50% dari porsi setiap kali makan.
Tetap konsumsi lemak baik

Lemak baik memberikan energi, mendukung pertumbuhan sel, melindungi organ, dan menjaga tubuh Anda tetap hangat. Asam lemak esensial diperlukan untuk penyerapan vitamin A, D, E, dan K yang larut dalam lemak dan membantu produksi hormon. Contoh makanan yang mengandung lemak baik adalah minyak zaitun, alpukat, kacang almond, dll. Asupan lemak baik cukup 10% dari porsi makan.Lakukan olahraga intensitas tinggi (HIIT) & angkat beban Sangat jelas sekali jika ingin mempertahankan atau menurunkan berat badan, wajib hukumnya berolahraga 2-4 kali seminggu. Bahkan bagi mereka yang memiliki tubuh dengan metabolisme lambat dengan berolahraga dapat meningkatkan laju metabolisme sehingga dapat membakar kalori lebih besar. High Intensity Interval Training (HIIT) telah terbukti jauh lebih efektif dan efisien dibandingkan olahraga kardio biasa seperti jogging, zumba dll. Dengan 10 menit HIIT perhari bisa membakar kalori lebih besar dibandingkan 45-60 menit kardio biasa. Untuk meningkatkan metabolisme diharapkan juga melakukan angkat beba karena dapat membentuk otot dan kulit supaya tidak menggelambir.

Minum air putih sesuai kebutuhan tubuh

Air minum membantu meningkatkan metabolisme, membersihkan tubuh dari limbah, dan bertindak sebagai penekan nafsu makan. Selain itu, minum lebih banyak air membantu tubuh berhenti menahan air dan menurunkan berat badan lebih cepat. Konsumsi air putih per hari 8 sd 10 sangat direkomendasikan untuk membantu metabolisme tubuh.

Perbaiki pola tidur (7 – 9 jam/ hari)

Durasi tidur yang kurang dapat meningkatkan nafsu makan, terutama kebiasaan begadang. Saat begadang orang cenderung nyemil makanan yang tinggi kalori seperti mie instan, keripik kentang dll. Saat bedagang terjadi gangguan hormon penting dalam pengendalian nafsu makan yaitu menurunnya hormone Leptin (hormon yang memberitahu untuk berhenti makan).

Dipublikasikan : 2020-06-04 10:30:55

TIPS MENGATASI GASTROESOPHAGEAL REFLUX DISEASE (GERD)

Writer : Chindy Maria Orizani, S.Kep.Ns.,M.Kep.
Published : 2020-06-24 21:31:07

Read »

PENTINGKAH TIDUR PADA MANUSIA ???

Writer : Rukmini, S.Kep.Ns.,M.Pd.,M.Kes.
Published : 2020-06-16 08:30:59

Read »

TIPS MENGATASI KECANDUAN GAWAI (GADGET ADDICTION)

Writer : Chindy Maria Orizani, S.Kep.Ns.,M.Kep.
Published : 2020-06-12 07:07:19

Read »

MENGENAL PENTINGNYA CAIRAN DALAM TUBUH

Writer : Dewi Andriani, S.Kep.Ns.,M.Kes.
Published : 2020-06-04 12:25:27

Read »


Next » Last

RS Adi Husada Undaan Wetan

Sebagai tempat praktik klinik mendukung mahasiswa STIKes Adi Husada dalam mengembangkan ilmu keperawatan menjadikan seorang perawat profesional dan mampu bersaing, Rumah Sakit Adi Husada Undaan Wetan melakukan seleksi penerimaan tenaga kesehatan perawat untuk lulusan STIKes Adi Husada.

RS Adi Husada Kapasari

Berlokasi dekat bersebelahan dengan Kampus STIKes Adi Husada memberikan kemudahan mahasiswa dalam bertugas saat praktik klinik dan proses seleksi penerimaan tenaga kesehatan perawat juga mengutamakan lulusan STIKes Adi Husada.

Adi Husada Cancer Center

Berlokasi di RS Adi Husada Undaan Wetan sebagai pusat kanker terpadu pertama di Surabaya, yang dilengkapi dengan layanan radioterapi, kemoterapi, dan pembedahan. Memberikan penanganan kanker yang berkualitas dan dokter spesialis professional.