SEHAT SELAMA BERPUASA BAGI LANSIA

Chindy Maria Orizani, S.Kep.Ns.,M.Kep.

Bagi lansia atau orang berusia lanjut dan berada dalam kondisi sehat, puasa tetap dapat dilakukan. Apabila, bagi lansia menderita penyakit akut atau diabetes dan tekanan darah tak terkendali maupun penyakit lainnya, dianjurkan untuk tidak berpuasa.

Berikut tips bagi lansia sehat yang ingin tetap berpuasa
1. Konsumsi makanan sehat dan bergizi Tips puasa bagi lansia yang pertama adalah memperhatikan konsumsi makanannya, pastikan mereka selalu mengonsumsi makanan sehat dan bergizi selama jalani puasa. Bagi lansia sangat dianjurkan untuk mengonsumi makanan yang lambat dicerna dan berserat tinggi, seperti gandum, kacang-kacangan, biji-bijian, nasi merah. Selain itu, sebaiknya batasi makanan-makanan yang berminyak saat berbuka lantaran bisa meningkatkan sel-sel lemak dalam tubuh. Hal ini untuk mencegah penyakit jantung, jantung koroner dan hipertensi yang kerap dikeluhkan pada usia lanjut.
2.Konsumsi air putih sesuai kebutuhan tubuh

Tips puasa bagi lansia berikutnya dengan mengonsumsi cukup air putih. Usahakan agar mengonsumsi minimal 8-10 gelas untuk mencegah dehidrasi dengan 2 gelas saat berbuka, 3-4 gelas setelah tarawih hingga sebelum tidur, dan 1 gelas ketika bangun tidur sebelum sahur serta 1-2 gelas saat sahur. Selain minum air putih, juga bisa mengonsumsi jus buah sebelum berbuka puasa dan sebelum tidur untuk menggantikan cairan yang kurang selama berpuasa.
3.Lakukan olahraga ringan 1 jam sebelum buka puasa Olahraga yang cocok untuk lansia yang ringan atau tidak berlebihan agar mencegah kelelahan saat berpuasa. Misalnya: jalan kaki, jogging, senam lansia, berenang dll. Jangan lupa istirahat yang cukup setelah.
4.Cukup tidur Tips puasa bagi lansia berikutnya adalah tidur cukup. Lansia memerlukan porsi tidur dan beristirahat yang lebih banyak dibandingkan mereka yang masih muda dan remaja. Karena itu, penting bagi para lansia untuk mendapatkan tidur cukup dan berkualitas, setidaknya 8 – 9 jam dalam sehari.

5.Rutin periksa kesehatan Sebelum menjalankan ibadah puasa, sebaiknya lansia melakukan cek kesehatan terlebih dahulu. Hal itu agar mengetahui apakah kondisi kesehatannya baik untuk menjalankan ibadah puasa atau tidak. Penting bagi lansia untuk mempertimbangkan penyakit yang diderita sebelum memulai berpuasa. Seperti diketahui, kelompok lansia biasanya memiliki kondisi-kondisi kesehatan tertentu karena faktor usia.

Dipublikasikan : 2020-05-18 14:35:11

TIPS MENGATASI GASTROESOPHAGEAL REFLUX DISEASE (GERD)

Writer : Chindy Maria Orizani, S.Kep.Ns.,M.Kep.
Published : 2020-06-24 21:31:07

Read »

PENTINGKAH TIDUR PADA MANUSIA ???

Writer : Rukmini, S.Kep.Ns.,M.Pd.,M.Kes.
Published : 2020-06-16 08:30:59

Read »

TIPS MENGATASI KECANDUAN GAWAI (GADGET ADDICTION)

Writer : Chindy Maria Orizani, S.Kep.Ns.,M.Kep.
Published : 2020-06-12 07:07:19

Read »

MENGENAL PENTINGNYA CAIRAN DALAM TUBUH

Writer : Dewi Andriani, S.Kep.Ns.,M.Kes.
Published : 2020-06-04 12:25:27

Read »


Next » Last

RS Adi Husada Undaan Wetan

Sebagai tempat praktik klinik mendukung mahasiswa STIKes Adi Husada dalam mengembangkan ilmu keperawatan menjadikan seorang perawat profesional dan mampu bersaing, Rumah Sakit Adi Husada Undaan Wetan melakukan seleksi penerimaan tenaga kesehatan perawat untuk lulusan STIKes Adi Husada.

RS Adi Husada Kapasari

Berlokasi dekat bersebelahan dengan Kampus STIKes Adi Husada memberikan kemudahan mahasiswa dalam bertugas saat praktik klinik dan proses seleksi penerimaan tenaga kesehatan perawat juga mengutamakan lulusan STIKes Adi Husada.

Adi Husada Cancer Center

Berlokasi di RS Adi Husada Undaan Wetan sebagai pusat kanker terpadu pertama di Surabaya, yang dilengkapi dengan layanan radioterapi, kemoterapi, dan pembedahan. Memberikan penanganan kanker yang berkualitas dan dokter spesialis professional.